Lampard Legenda Manchester City Atau Chelsea

Liga Inggris – Tanggal 24 Mei mungkin menjadi salah satu hari yang harus diingat oleh Manchester City. Pada hari itu di tahun 2015, legenda mereka, Frank Lampard, mencetak gol terakhirnya untuk The Citizens. Eh, Lampard legenda Manchester City?

Walaupun publik lebih mengenal Lampard sebagai seorang legenda Chelsea, Manchester City tidak ragu untuk menyebut pria kelahiran 20 Juni 1978 itu sebagai salahs satu legenda mereka. Pada 24 Mei 2019, The Citizens mengunggah kembali potongan video gol Lampard (juga gol Sergio Aguero) ke gawang Southampton dengan caption: gol perpisahan dari Frank Lampard. Legenda Manchester City.

Silakan kunjungi Youtube dan simak video dan komentar-komentarnya. Banyak yang tidak setuju dengan klaim Manchester City terhadap Lampard sebagai legenda mereka. Tentu mayoritas dari pendukung kesebelasan lain, khususnya supporter Chelsea.

Tapi jika ditilik lebih jauh, sebenarnya Manchester City sah-sah saja menyatakan Lampard, atau siapapun itu, sebagai legenda mereka. Karena jangan-jangan, orang-orang punya makna yang terlalu sempit mengenai “legenda”.

Arti legenda adalah seorang pemain yang sudah memberikan banyak kontribusi bagi sebuah kesebelasan, dari prestasi hingga loyalitas. Namun jika didefinisikan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, legenda berarti: 1. n cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah, 2. n tokoh terkenal.

Lampard di Manchester City rasanya sudah memenuhi dua syarat legenda di atas. Lampard tentu saja tokoh terkenal. Lampard juga sudah menciptakan sejarah selama berseragam Manchester City. Tidak hanya gol terakhirnya untuk City ke gawang Southampton, tapi juga saat membobol gawang Chelsea, sampai keputusannya memperkuat Manchester City pun merupakan bagian dari sejarah dalam sepakbola.

Manchester City berterima kasih atas kontribusi Lampard selama satu musim. Dampak Lampard untuk Manchester City ttidak hanya di atas lapangan. Walaupun saat itu usianya sudah 36 tahun, ia disebut-sebut sebagai pemain yang paling serius dalam menjalani latihan. Ia lantas dijadikan role model bagi para pemuda City, khususnya pemuda asli Inggris.