Barca Mulai Susun Rencana Masa Depan

Sudah cukup lama, Barcelona menyusun strategi untuk mengurangi dampak perubahan generasi yang akan datang. Perlahan-lahan, Barca mulai memperkenalkan pemain-pemain muda kepada level permainan tinggi di tim senior.

Saat ini, skuad Barca masih diperkuat oleh sebagian pemain-pemain terbaik yang pernah membentuk tim terbaik mereka beberapa tahun silam. Oleh karena itu, Barca harus bersiap ketika pemain-pemain terbaik ini tak lagi sebagus dahulu.

Sebab itu, pihak klub fokus mencari pemain-pemain muda yang tepat untuk menggantikan pemain-pemain senior. Mereka perlahan-lahan membentuk tulang punggung skuad baru Barca, yang dapat dibaca dalam pembelian dua musim terakhir ini.

Dalam informasi yang dari Portal Berita Bola Terupdate, Pemain muda yang diincar Barca bukanlah pemain muda sembarang. Mereka harus punya potensi luar biasa sekaligus bisa langsung menghangatkan persaingan merebut posisi tim inti.

Musim ini, pembelian Frenkie de Jong dan Junior Firpo sudah cukup menjelaskan bagaimana keseriusan Barca dalam membangun tim masa depan. De Jong jelas sudah unjuk gigi, hanya Firpo yang belum benar-benar membuktikan diri.

Barca mencari pemain muda di setiap posisi, berusaha menghindari kegagalan seperti yang mereka perbuat kala mendatangkan Pihilippe Coutinho.

Titik paling penting untuk membangun skuad ada di sektor tengah, Barca harus mencari sosok Xavi dan Andres Iniesta yang baru. Kini, mereka mulai memercayai De Jong dan Arthur Melo, keduanya masih 22 dan 23 tahun.

Kerjasama Arthur dan De Jong sudah siap menyambut masa depan. Namun, ada satu area yang masih belum benar-benar aman yakni di area gelandang jangkar atau holding midfielder.

Selama bertahun-tahun, posisi itu dihuni oleh Sergio Busquets, yang jelas sudah melakukan tugasnya dengan baik. Persoalannya adalah, mencari pemain seperti Busquets tidak semuda membalikkan telapak tangan.

Tantangan lainnnya adalah menemukan pemain depan untuk menggantikan Luis Suarez dan Lionel Messi. Messi dan Suarez adalah pemain top, namun mereka berdua juga tidak bisa bermain selamanya. Barca sudah beberapa kali mencoba mendatangkan pelapis Suarez, tapi pada akhirnya pemain-pemain itu pergi hengkang karena jarang dimainkan, seperti kasus Paco Alcacer.

Sementara soal Messi, sepertinya sudah cukup jelas. Kepergian Messi pasti akan merepotkan Barca. Sekarang, masih ada Carles Perez dan Ansu Fati yang bisa dimainkan sebagai pelapis. Barca harus mengembangkan kemampuan dua pemain ini jika ingin bersiap menghadapi kemungkinan terburuk.