Wejangan Pele Untuk Rashford

marcus rashfordDi umurnya yang masih terbilang hijau, Marcus Rashford berhasil mengamankan tempat di timnas Inggris pada Piala Eropa 2016. Pele, yang punya pengalaman serupa memberi wejangan untuk Rashford

Penyerang berusia 18 tahun ini berkesempatan tampil di Piala Eropa 2016 untuk mendampingi deretan penyerang yang sudah punya nama yakni Wayne Rooney, Harry Kane, Jamie Vardy, dan Daniel Sturridge.

Rashford menyita perhatian khalayak usai tampil gemilang bersama Setan Merah dalam beberapa bulan terakhir. Dia sukses mendulang delapan gol dari 18 kali tampil bersama Setan Merah musim ini.

Daripada empat penyerang lain Rashford tentu saja adalah yang paling muda. Ia kalah jauh dalam aspek pengalaman di kancah internasional lantaran baru satu kali bermain dalam balutan kostum Inggris kendati langsung bikin gol di pertandingan debutnya.

Pelle menyarankan Rashford untuk tak memikirkan soal usianya yang masih amat muda. Menurutnya, usia muda bukan masalah untuk menggapai prestasi terbaik.

“Jaman sekarang usia bukan sebuah masalah. Yang terpenting ialah siap menerima tantangan dan jangan pernah taku,” ujar Pele seperti dikutip Soccerway.

“Saya berharap dia mendapat keberuntungan sama seperti saya. Akan ada beban besar, namun saya rasa dia harus yakin pada diri sendiri,” tambah legenda sepakbola Brasil itu.

Ketika masih aktif bermain, Pele sukses membawa Brasil juara dunia tiga kali tahun 1958, 1962, dan 1970. Di Piala Dunia 1958, ia yang masih berumur 17 tahun mendulang enam gol sepanjang turnamen.

“Sebelum saya menjuarai Piala Dunia kali pertama,, saya diberi tahu oleh pelatih saya: ‘Kamu di sini karena kami memiliki gaya, kamu seorang pemain bagus, maka jangan takut menghadapi pemain yang lebih tua,” kata Pele.