UEFA – Euro 2016 Akan Tetap Di Perancis

129 orang tewas dalam insiden Paris

Euro 2016 akan tetap dilangsungkan di Perancis

Putaran final Euro 2016 akan tetap dilangsungkan di Perancis, demikian UEFA telah menegaskan kembali.

Posisi Perancis sebagai tuan rumah dari acara sepak bola antar bangsa di Eropa itu telah berada di bawah pengawasan ketat menyusul serangan pada hari Jumat di Paris di mana 129 orang telah tewas dalam insiden tersebut. Namun dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Senin, UEFA mengatakan mereka telah bekerja sama dengan pemerintah terkait selama tiga tahun “untuk menjamin penyelenggaraan turnamen yang aman dan tertib”. Penarikan untuk putaran final akan tetap berlangsung seperti yang telah dijadwalkan yaitu pada 12 Desember di Palais des Congres di Paris.

“Kami yakin bahwa segaal tindakan pencegahan yang diperlukan akan diambil untuk memastikan penyelenggaraan turnamen yang aman,” tambah pernyataan itu. Turnamen Euro 2016 akan diadakan di Perancis dari tanggal 10 Juni 2016 hingga 10 Juli 2016. Bintang Piala Dunia Perancis 1958, Just Fontaine, yang berada di Stade de France pada hari Jumat lalu, mengatakan kepada surat kabar Jerman bahwa Perancis harus “membatalkan turnamen”.

Sementara penyelenggara turnamen, Jacques Lambert mengakui tingkat risiko telah “menjadi jauh lebih tinggi”, tetapi mengatakan untuk mempertimbangkan membatalkan Euro 2016 berarti kita akan “mengikuti permainan para teroris”. Dia mengatakan pada hari Sabtu: “Kami akan mengambil keputusan yang diperlukan agar Euro 2016 tetap bisa berlangsung dalam kondisi keselamatan terbaik.”

Perancis akan bermain melawan Inggris dalam pertandingan persahabatan di Wembley, Selasa (20:00 GMT) setelah sebelumnya Federasi Sepakbola Perancis menolak tawaran Asosiasi Sepakbola Inggris membatalkan pertandingan. Belgia membatalkan pertandingan persahabatan dengan Spanyol, yang juga dijadwalkan akan dimainkan pada hari Selasa, setelah pemerintah nergara tersebut menaikkan tingkat ancaman teror.