Tanpa Neymar, Timnas Brasil Jaga-jaga di Piala Dunia 2018

Timnas Brasil baru saja memenangkan laga atas timnas Rusia dan timnas Jerman sebagai bagian laga persahabatan jelang Piala Dunia 2018 di penghujung Maret ini. Dua laga tersebut dilaksanakan tanpa adanya Neymar, andalan timnas.

Timnas Brasil sukses mengalahkan timnas Rusia dengan skor 3-0 pada Jumat (23/3) dan dilanjutkan laga sulit kontra timnas Jerman di Selasa (27/3) yang lalu. Cederanya Neymar dalam dua laga ini ternyata dijadikan timnas sebagai latihan dan persiapan berlaga tanpa kekuatan Neymar.

“Neymar memang akan selalu menjadi bagian Brasil dan pemain andalan. Dia berperan penting dalam masa depan tim nasional ini. Kami merasa pengaruh ketidakhadirannya, akan tetapi tim akan berusaha melakukan yang terbaik. Timnas Brasil sudah menjadi tim yang kolektif. Hal itu adalah yang penting dan harus dipertahankan,” papar salah satu bintang Brasil, Philippe Coutinho.

Sang Pelatih timnas Brasil, yakni Tite sepertinya harus mempersiapkan skema sebagai jaga-jaga jika pemain kesayangannya tersebut tidak turut berlaga dengan mereka dan tetap menjadikan Brasil seimbang dengan pemain yang ada.

“Dalam hal taktik, pastinya seseorang akan menggantikan tempat Neymar. Pemain pengganti tersebut wajib punya kualitas atas,” ucap Coutinho lagi.

Philippe Coutinho sendiri merupakan salah satu orang yang diprediksi menggantikan tempat sahabat dekatnya tersebut.

“Saya pasti harus siap. Itulah yang menjadi prinsip saya saat memperoleh kesempatan di laga besar. Saya tak pernah menganggap remeh semua posisi. Saya akan memberikan yang terbaik dalam tiap posisi yang diberikan pelatih pada saya,” papar Coutinho.

Brasil di Piala Dunia 2018 merupakan salah satu timnas unggulan. Di tahun ini, mereka memiliki pemain hebat, diantaranya Neymar, Coutinho, Willian, Thiago Silva, Marcelo serta Ederson. Hal ini dapat membalas kegagalan Brasil pada empat tahun lalu, saat menjadi tuan rumah Piala Dunia dengan hasil terburuk.

Di Piala Dunia 2014 lalu, timnas tidak bermain di babak semifinal setelah gagal dengan skor 1-7 dari Jerman. Brasil sendiri berada di posisi ketiga atas Belanda dengan skor 0-3. Hasil ini menjadikan Brasil merupakan tim dengan pertahanan buruk dengan kemasukan 14 gol di Piala Dunia 2014.