Tak Bayar Agen, Eboue Diputus Kontrak Sunderland

emmanuel eboueNahas betul nasib Emmanuel Eboue. Karena lalai tak membayar agennya, ia menerima sanksi dan kontraknya langsung diputus klubnya Sunderland.

Eboue disodori kontrak jangka pendek awal bulan Maret lalu dari Sunderland. Berpredikat tanpa klub usai kontraknya di Galatasaray tak diperpanjang, dia kemudian diboyong The Black Cats dan dikontrak sampai akhir musim.

Tapi apes baginya, belum sempat bermain untuk Sunderland ada masalah muncul dari luar lapangan. Pemain berusia 32 tahun tersebut ketahuan belum membayar kompensasi terhadap mantan agennya, Sebastien Boisseau.

Boisseau lantas mengajukan gugatan dan memenanginya. Oleh FIFA, eks pemain Arsenal lantas diberi sanksi dilarang beraktivitas di dunia sepakbola selama satu tahun atau hingga dirinya selesai melunasi utangnya kepada Boisseau.

Menurut kutipan The Guardian, Eboue sejatinya diperintahkan untuk membayar uang (yang tidak dibeberkan nilainya) kepada Boisseau pada Juli 2013. Akan tetapi sampai September dua tahun lalu, ia gagal memenuhi tuntutan tersebut dan akhirnya diberi denda senilai 21.650 poundsterling.

Sekarang setelah tidak segera menrampungkan masalah tersebut, ia pun menerima hukuman yang lebih berat. Sunderland, yang mendapat kabar Eboue dari Federasi Sepakbola Inggris lalu memutus kontraknya.

“Sunderland AFC sudah diberitahu pihak FA jika Emmanuel Eboue telah dijatuhi sanksi tak boleh ikut serta di dunia sepakbola selama satu tahun oleh FIFA.”

“Sanksi itu bersangkutan dengan masalah finansial yang terjadi sebelum dia datang ke Sunderland AFC dan pihak klub tidak diberitahu lebih dulu oleh si pemain,” demikian pernyataan Sunderland.