Tak Banyak Belanja Pemain, Mertesacker Ragu Arsenal Juara

per mertesackerBeda halnya dengan tim-tim lain, pergerakan Arsenal di jendela transfer musim panas tidak begitu agresif. Per Mertesacker khawatir Arsenal akan kembali kesulitan bertarung memperebutkan trofi.

Hingga kini Tim Gudang Peluru baru mendapat satu tangkapan besar dengan memboyong Granit Xhaka dari Borussia Monchengladbach seharga 30 juta poundsterling. Satu muka baru Arsenal ialah defender Inggris berusia 20 tahun Rob Holding, yang datang dari klub Bolton Wanderers.

Padahal tim-tim top Liga Primer amat aktif. Sebut saja Chelsea, yang musim lalu jeblok, memperkuat skuat dengan mendatangkan Michy Batshuayi dari Marseille dan N’Golo Kante dari Leicester City.

Manchester City dibawah era Pep Guardiola sudah kehdatangan Ilkay Gundogan (Borussia Dortmund), Nolito (Celta Vigo), dan Oleksandr Zinchenko (Ufa). Lalu Manchester United yang sekarang ditukangi Jose Mourinho tak segan-segan berbelanja banyak mulai dari Eric Bailly (Villarreal), Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan (Dortmund). MU pun masih berupaya merekrut Paul Pogba dari Juventus.

Sedangkan Liverpool sudah dapat enam anggota baru yakni Joel Matip,Loris Karius, Sadio Mane, Ragnar Klavan, Alex Manninger, dan Georginio Wijnaldum.

Musim lalu Arsenal mengakhiri musim di posisi kedua, posisi terbaik sejak terakhir kali melakukannya pada 2004-05. Mertesacker yakin pertarungan musim 2016-2017 semakin sengit.

“Itu yang saya harapkan, maka kami harus bertambah kuat,” kata Mertesacker yang dilansir ESPNFC. “Kami mencoba terus bugar dan memperebutkan gelar juara, namun di lain sisi tim-tim unggulan yang antusias menghadapi musim ini dengan banyak pemain baru.”

“Tak banyak pemain baru (di Arsenal), cuma satu, dua, atau tiga pemain baru dan banyak pemain muda juga. Kenyataannya seperti itu.”

“Bukan hal yang mudah musim ini, terutama melihat semua transfer yang dilakukan (oleh klub-klub lain). Muncul banyak pembelian yang dilakukan,” imbuh eks pemain internasional Jerman ini.

Walau demikian, Mertesacker mengatakan banyaknya pemain anyar tak selalu memberikan dampak positif untuk tim.