Prancis Kalah Di Pertandingan Terpenting

timnas prancisTuan rumah Prancis tampil di turnamen Piala Eropa 2016 tanpa pernah kalah. Nahas, kekalahan tersebut diterima di momen yang paling penting.

Satu per satu laga dilalui Prancis untuk sampai ke final di depan publiknya sendiri pada perhelatan Piala Eropa musim panas ini, dengan seluruhnya hampir dilalui dengan hasil sempurna.

Pada penyisihan grup secara berurutan Les Bleus menang 2-1 atas Rumania, mengalahkan Albania 2-0, dan bermain seri tanpa gol menghadapi Swiss. Hasil imbang tersebut juga jadi satu-satunya momen Prancis gagal menang selama 90 menit hingga babak semifinal Piala Eropa kali ini.

Memasuki fase knock out secara berturut-turut Prancis menang 2-1 dari Republik Irlandia, mengalahkan Islandia 5-2, dan mengunci tiket final dengan kemenangan dua gol tanpa balas atas Jerman. Semua kemenangan dibukukan melalui 90 menit waktu permainan.

Di laga pamungkas Prancis bersua dengan Portugal yang pada kompetisi ini secara kontras, hanya satu kali menang dalam rentang 2×45 menit dan akrab dengan extra time di fase gugur pada perjalanannya ke partai final.

Kendati demikian pada akhirnya yang paling penting ialah bagaimana hasil akhir di laga final. Secara mengejutkan Selecao das Quinas menang 1-0 atas Les Bleus memlalui tembakan Eder di extra time.

Maka jadilah tim besutan Didier Deschamps yang hingga partai final tak terkalahkan dalam perjalanan akhirnya menderita hasil negatif justru di saat paling krusial.