Peranan Besar Kylian Mbappe Bawa AS Monaco Jadi Juara Liga Prancis

AS Monaco merupakan tim pemenang juara Liga Prancis atau yang biasa disebut Ligue 1 setelah berhasil menang atas Saint Etienne dengan skor 2-0 di laga pada minggu ke-37 dalam laga yang dihelat di Stadion Stade Louis II, Kamis dini hari WIB (18/5/2017) tadi.

Dengan keberhasilan ini, AS Monaco menjadi tim pemenang klasemen di Liga Prancis dengan hasil 92 poin. Mereka lebih banyak enam poin di Paris Saint Germain (PSG) yang selalu berupaya mendekatkan posisi di satu laga yang tersisa.

Kemenangan ini juga menyudahi puasa gelar juara Ligue 1 bagi Monaco selama 17 tahun setelah terakhir kali mereka menang di musim 2000 yang lalu. Selain itu, trofi tersebut menjadi gelar Liga yang ke-delapan untuk klub ini.

Nama Kylian Mbappe menjadi yang paling populer selama musim ini dan merupakan pemain yang paling banyak diinginkan oleh klub sepakbola Eropa menjadi bintang lapangan di babak awal. Sementara, sepakan Valere Germain di babak kedua semakin memperkuat skor 2-0 mereka atas Saint Etienne.

Monaco sejatinya hanya memerlukan hasil seri untuk resmi memegang posisi juara. Tapi, mereka di menit ke-19 sudah berhasil lewat sepakan Mbappe yang memanfaatkan peluang dari Radamel Falcao. Monaco semakin kuat di babak kedua sejak Lemar dan Falcao beraksi walau tak membuahkan gol.

Di sisi lain, Saint Etienne sempat menyernag balik melalui Veretout, Saivet dan Soderlund tapi tidak memberikan hasil maksimal. Valere Germain akhirnya memantapkan kemenangan Monaco skor 2-0 di menit ke-90.

  • Susunan pemain:

Monaco dengan skema 4-4-2, yakni Subasic, Sidibe, Jemerson, Glik, Mendy, Silva, Moutinho, Fabinho, Lemar, Kylian Mbappe, Falcao.

Pemain Cadangan yakni Jorge, Carrillo, Bakayoko, De Sanctis, Germain, Toure, Raggi.

St-Etienne dengan skema 3-4-2-1, yakni Ruffier, Theophile Catherine, Lacroix, Pogba, Maiga, Veretout, Lemoine, Polomat, Saivet, Nordin, Soderlund.

Pemain Cadangan, yakni Rocha Santos, Pierre-Gabriel, Clement, Hamouma, Beric, Moulin, Nade.