Pelatih Timnas Spanyol Mundur Selepas Piala Eropa 2016

vicente del bosqueVicente del Bosque memastikan apabila Piala Eropa 2016 adalah turnamen terakhirnya bersama La Furia Roja. Selepas turnamen tersebut usai, Del Bosque akan mundur dari kursi pelatih kepala tim nasional Spanyol.

Del Bosque yang kini sudah menginjak usia 64 tahun rencananya akan mengumumkan keputusan itu memalui sebuah buku berjudul “Menang dan Kalah: Kekuatan Emosional”. Buku tersebut bakal dilancarkan pada Senin (21/12) mendatang.

“Bila semuanya berjalan seperti rencana semula, maka saya akan pergi dari tim nasional serta federasi sepakbola Spanyol pasca Piala Eropa 2016. Ini juga tentang masalah fisik. Delapan tahun sudah saya bersama-sama dengan timnas dan saya tak niat untuk terus melakukan pekerjaan ini. Kesehatan saya sudah mulai berkurang,” tulis Del Bosque dalam buku tersebut seperti dikutip AS.

Del Bosque sendiri mulai menukangi Tim Matador tahun 2008 silam menggantikan posisi Luis Aragones. Ia membawa Spanyol memenangi gelar bergengsi yakni Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. Namun pada Piala Dunia 2014, timnya hancur lebur.

“Yang saya inginkan untuk timnas adalah menyudahi sebuah era dengan bagus. Saya bisa saja pensiun dari dulu-dulu, namun saya ingin terus bekerja dan berhenti di usia seperti orang Spanyol lainnya,” kata Del Bosque.

“Saya rasa saya sudah memenuhi harapan banyak orang. Dan juga menyadari keberadaan orang lain. Seseorang selalu datang dari belakang Anda. Mereka memiliki hak dan terus diberi kesempatan untuk melakukan tugasnya,” tambahnya.

“Saya anggap diri saya sendiri sangat beruntun karena bisa menikmati dan menjalani gairah terbesar saya yaitu sepakbola. Sekarang ini dengan waktu pensiun yang makin mendekat, saya tidak memikirkan masa depan. Saat saya pergi dari pekerjaan sebagai pelatih tim nasional, saya akan menjalani hidup biasa-biasa saja,” kata eks pelatih Real Madrid itu.