Miroslav Klose Resmi Pensiun

miroslav-kloseMiroslav Klose akhirnya mengakhiri masa panjangnya sebagai pemain sepakbola. Sesudah ini Klose bakal menggeluti dunia kepelatihan sebagai staf kepelatihan tim nasional Jerman.

Klose hingga kompetisi 2016-2017 ini bergulir tiga bulan belum memiliki klub usai kontraknya bersama Lazio habis tengah tahun ini. Seusai gantung sepatu dirinya bakal bergabung dengan tim kepelatihan Joachim Loew untuk pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan San Marino dan friendly lawan Italia bulan ini.

Sembari melakukan kegiatan itu, Klose juga mengambil kursus kepelatihan guna mendapatkan lisensi manajer untuk kariernya ke depan.

“Saya merayakan kesuksesan besar bersama tim nasional dan tetapi merasakan masa-masa indah yang tak terlupakan,” ujar Klose seperti dikutip Eurosport.

“Inilah alasan saya amat gembira kembali ke DFB (Federasi Sepakbola Jerman). Saya berpikir dalam beberapa waktu terakhir apakah akan lanjut bermain, atau mencari tantangan baru, menjadi pelatih,” sambungnya.

“Membaca permainan, menyiapkan semuanya secara spesifik, mengembangkan strategi dan taktik selalu membuat sata penasaran serta menarik perhatian semasa jadi pemain.”

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Jogi Loew dan (asisten pelatih) Hansi Flick atas kesempatan yang dia beri untuk mencurahkan ide-ide saya dalam sesi latihan.”

Klose pensiun dengan status top skorer sepanjang masa Jerman mengkoleksi 71 gol dari 137 kali bermain dan sukses mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 2014. Dia pun menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang Piala Dunia dengan total 16 gol.

Selama berkarier di level klub, Klose membela sejumlah klub mulai dari Kaiserslautern, Werder Bremen, Bayern Munich, sampai Lazio.