Lini Bertahan Barcelona Rapuh

luis enriqueBanyak aspek yang disoroti Luis Enrique dalam kekalahan Barcelona dari dari Alaves. Salah satunya ialah menyangkut barisan belakangnya yang keropos.

Tak ada nama Lionel Messi, Luis Suarez dan Andres Iniesta di dalam starting XI Barcelona ketika menjamu Alaves di pekan ketiga La Liga Spanyol, Minggu (11/9/2016) dinihari WIB. Enrique menurunkan trio Neymar, Paco Alcacer, dan Arda Turan sebagai ujung penyerang Barca pada laga itu.

Ketinggalan satu gol di paruh pertama, Barca sukses menyamakan skor di awal interval kedua. Akan tetapi pada menit 64 jala Los Cules kebobolan lagi. Ibai Gomez yang menjadi pahlawan kemenangan tim tamu usai memenangi perebutan bola dengan Jeremy Mathieu dan Javier Maschareno.

“Kami tak memiliki visi permainan. Kami tak menempatkan diri sendiri dengan baik dan tak memaksimalkan ruang yang dipunya dengan baik di paruh pertama,” ucap Enrique usai pertandingan.

“Gol kedua Alaves menjadi pukulan telak untuk kami karena kami memperlihatkan lini belakang yang rapuh. Itu terbuat lantaran kesalahan kami dalam bertahan,” lanjutnya dikutip dari Sport.

Untuk memburu kemenangan Enrique lantas memasukkan Messi, Suarez, dan Iniesta di babak kedua. Namun ternyata itu tak banyak membantu mereka. Permainan Barca tidak berjalan seperti biasa. Pergerakan pemain pun juga kaku sehingga kesulitan memebus lini belakang Alaves.

“Seperti itulah yang terjadi. Saya orang yang paling bertanggung jawab untuk hal itu dan saya menerima (kritik yang datang). Seluruh hal buruk tercipta akibat kesalahan saya, namun mudah untuk mengkritik bila anda mengetahui kondisinya. Musim ini kami maju ke depan bukan hanya dengan 11 pemain, kami melangkah ke depan dengan 22 pemain,” ucap Enrique soal rotasi yang dia lakukan dalam pertandingan itu.