Kalahkan Uzbekistan, Korea Selatan Melaju ke Piala Dunia 2018

Timnas Korea Selatan secara pasti akan melanjutkan perjuangannya ke babak final Piala Dunia 2018 di Rusia nanti. Tim dengan nama lain Taeguk Warriors itu berhasil setelah seri tanpa skor kontra timnas Uzbekistan.

Hasil seri tersebut menjadikan timnas Korea Selatan ada di posisi kedua klasemen akhir Grup A dengan membukukan 15 poin dari 10 laga. Korsel ada di bawah Iran yang membukukan 22 poin, yang sudah memiliki tiket ke babak selanjutnya di bulan Juni yang lalu.

Korsel merupakan negara Asia yang ketiga yang melaju ke kompetisi dunia ini. Mereka menyusul timnas Iran dan timnas Jepang yang sudah lebih dulu menunggu di babak selanjutnya.

Untuk timnas Uzbekistan sendiri, hasil tersebut membuat mereka harus melepas harapan tim ini menuju putaran final Piala Dunia 2018. Mereka saat ini berada di posisi keempat Grup A dengan hanya membukukan 13 poin.

Di sisi lain, Suriah yang ada di posisi ketiga dengan jumlah poin yang sama akan bermain di play-off kontra tim di posisi ketiga Grup B. Pemenang dari play-off itu akan berpeluang berhadapan dengan wakil dari zona Amerika Utara dan Tengah demi bersaing mendapatkan satu tempat di putaran final di Rusia nanti.

Dalam laga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia yang dihelat di Bunyodkor Stadium, Tashkent, Uzbekistan, pada Selasa (5/9/2017) kemarin, kedua tim bermain sama kuat. Korsel hampir unggul di menit awal melalui Hwang Hee-chan. Namun, sepakannya hanya mengenai mistar gawang.

Tuan rumah, timnas Uzbekistan juga masih belum sukses. Azizbek Haydarov nyaris mencetak gol di gawang timnas Korea Selatan, namun, sepakan keras darinya hanya mengenai tiang gawang.

Jelang babak awal usai, Korsel kembali gagal memainkan peluang. Son Heung-min berupaya menyepakkan sepakan sudut, namun, bola hanya mengenai tiang gawang.

Masuk ke babak kedua, timnas Korea Selatan memiliki kesempatan untuk unggul melalui Lee Keun-ho, Kim Min-woo, Lee Dong-gook, serta Son. Di sisi lain, timnas Uzbekistan sempat bermain dengan apik lewat Alexander Geynrikh. Hingga laga usai, kedua timnas tak dapat menciptakan gol.