Juara Liga Primer, Leicester Masuk Pot 1 Undian Liga Champions

leicester cityKesuksesan ‘Si Rubah’ menguasai kompetisi Liga Primer Inggris musim ini memberikan berkah besar bagi mereka. Leicester City asuhan Claudio Ranieri mendapatkan tempat di pot utama Liga Champions musim 2016/17 mendatang.

Dengan koefisien 15,181 poin, Leicester harusnya masuk dalam pot 4. Tapi aturan baru yang diterapkan UEFA sejak musim 2015/16 ini membuat Leicester berhak menempati pot utama.

Seperti yang dilansir oleh Sky Sports, kampiun dari tujuh liga teratas Eropa berhak menempati pot 1. Menurut koefisien UEFA saat ini, 7 negara teratas ialah Spanyol, Jerman, Inggris, Italia, Portugal, Prancis serta Rusia.

Satu lagi pot pertama bakal ditempati oleh pemenang Liga Champions musim ini. Apabila sang jawara telah memastikan gelar domestik, maka posisi tersisa ini bakal diperuntukkan untuk negara rangking ke-8 di UEFA. Saat ini, posisi itu dihuni oleh Ukraina. Untuk pot selanjutnya yaitu pot 2, 3, dan 4, bakal diurutkan sesuai koefisien klub Eropa.

Dengan begitu, Leicester tidak akan bersua dengan Paris Saint-German dan Juventus, yang dipastikan merebut gelar Ligue 1 dan Serie A. The Foxes juga bisa saja terhindar dari Barcelona dan Bayern Munich andai dua klub tersebut memenangi La Liga dan Bundesliga.

Musim depan bakal jadi keikutsertaan pertama Leicester di Liga Champions sejak berdirinya klub 132 tahun silam. Terakhir kali mereka bermain di Eropa yakni 16 tahun silam, tepatnya di Piala UEFA 2000/01. Ketika itu Leicester langsung terdampar di babak pertama, setelah kandas di tangan Red Star Belgrade dengan agregat 2-4.