Johan Cruyff – Saya Akan Mengalahkan Kanker

Cruyff menjalani operasi jantung pada tahun 1991.

Cruyff yakin akan menang melawan kanker

Johan Cruyff mengatakan dirinya “yakin” bahwa ia akan memenangkan “pertempuran” melawan kanker paru-paru yang dideritanya.

Pemain besar dari Belanda yang berusia 68 tahun yang juga merupakan pemenangan penghargaan Ballon d’Or sebanyak tiga kali itu didiagnosis dengan penyakit kanker paru-paru bulan lalu. “Saya sepenuhnya yakin segalanya akan menjadi baik,” kata Cruyff, yang pernah bermain untuk dan menjadi manajer bagi klub Ajax dan Barcelona. “Saya merasa baik setelah menjalani perawatan untuk pertama kalinya. Saya tidak punya masalah. Mentalitas saya adalah bahwa kemoterapi adalah teman saya karena itu ada untuk membunuh sel kanker.”

Johan Cruyff merupakan pemenang penghargaan Ballon d’Or pada tahun 1971, 1973 dan 1974. Ia juga membawa Barcelona meraih trofi Piala Eropa di tahun 1992 dan empat gelar La Liga berturut-turut.

Cruyff membantu negaranya mencapai final Piala Dunia 1974, di mana mereka kalah dari Jerman Barat. Ia juga memenangkan tiga Piala Eropa berturut-turut sebagai pemain bersama dengan klub asal Belanda, Ajax. Ketika ia menjadi manajer di Barcelona, ia memimpin klubnya itu untuk meraih kemenangan pertama mereka di Piala Eropa pada tahun 1992 dan Piala Eropa Cup Winners pada tahun 1989. Mereka juga memenangkan empat gelar La Liga berturut-turut di musim 1990 – 1991 hingga musim 1993 – 1994.

Johan Cruyff, yang secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar sepanjang masa, telah menjalani operasi jantung bypass ganda pada tahun 1991. Sebagai seorang perokok, ia menghentikan kebiasaannya itu segera setelah operasi dan menggantinya dengan mengisap lolipop di ruang istirahat. Ia tampil dalam iklan departemen kesehatan Catalan, yang mengatakan: “Sepakbola telah memberi saya segalanya dalam hidup saya, tembakau hampir mengambil semua itu.”