Javier Mascherano Mengakui Tuduhan Penipuan Pajak

Javier Mascherano diadili untuk tuduhan penipuan

Javier Mascherano telah mengaku bersalah

Pemain bintang Barcelona, Javier Mascherano telah mengaku bersalah dalam dua tuduhan penipuan sebesar lebih dari 1,5 juta Euro ( 1.1 juta Pounds ).

Pemain bertahan asal Argentina itu gagal untuk menyatakan laba sebesar 1.5 juta Euro pada tahun 2011 dan tahun 2012, demikan kata jaksa pengadilan di Barcelona. Dia mengakui semua tuduhan yang dikenakan kepadanya ketika menghadiri pengadilan di Gava, sebuah kota di dekat Barcelona. Persidangan itu sendiri berlangsung kurang hanya dalam waktu kurang dari lima menit.

Mascherano – yang telah bermain untuk Barcelona sejak tahun 2010 – adalah yang pemain sepak bola berprofil tinggi terbaru yang datang di terkena sanksi setelah mendapat pengawasan dari pihak otoritas pajak Spanyol. Dia diduga telah berusaha untuk menyembunyikan pendapatan dari hak citranya dengan menggunakan perusahaan miliknya yang berada di Portugal dan Amerika Serikat.

Sebuah catatan pengadilan yang dirilis bulan lalu menegaskan bahwa sang pemain bintang itu telah melunasi jumlah sebesar 1.75 juta Euro – jumlah penuh dari pajak yang seharusnya dibayarkan ditambah dengan bunga – dan kasusnya itu mungkin akan berakhir hanya dengan membayar denda dan terhindar dari proses pengadilan.

“Mascherano mengakui seluruh fakta yang ada dari dua tuduhan penipuan pajak yang dikenakan kepadanya, sehingga tidak perlu lagi untuk menginterogasinya,” kata sebuah sumber dari pihak pengadilan. Sang pemain bintang itu dikenai larangan tampil dalam dua pertandingan pada hari Rabu setelah ia menghina wasit dalam kemenangan 3-1 Barcelona atas Eibar pada akhir pekan yang lalu.

Dalam kasus terpisah, Mascherano rekan setimnya Lionel Messi dijadwalkan untuk menghadapi persidangan bersama dengan ayahnya untuk tuduhan penipuan pajak sebesar 4.16 juta Euro – tuduhan itu juga berkaitan dengan hak citra.