Ini Penilaian Ancelotti Soal Jose Mourinho

carlo ancelottiKeputusan klub sepakbola Chelsea mendepak Jose Mourinho turut mendapat sorotan dari Carlo Ancelotti. Menurut Ancelotti, Mourinho tak barhasil membangkitkan motivasi para pemainnya.

Pria internasional Italia itu juga pernah menduduki kursi pelatih kepala Chelsea dari tahun 2009 sampai 2011. Kegagalannya membawa Si Biru meraih titel Liga Champions membuatnya dipecat dari posisinya sebagai manajer tim.

Setelah meninggalkan Chelsea, Ancelotti kemudian melatih Real Madrid pada 2013. Dia menggantikan tempat Mourinho yang pulang ke Stamford Bridge.

Dan seperti tradisi sebelumnya, The Blues kembali mendepak manajer yang sudah memberikan mereka trofi. The Special One dilengserkan dari jabatan usai musim lalu membawa tim memenangi Premier League.

“Saat semuanya berjalan dengan sangat baik, terdapat risiko tim cenderung lebih bersantai-santai. Apabila segala sesuatu berjalan buruk, jelas akan anda rasa kehilangan kepercayaan,” ujar Ancelotti yang bakal menggantikan posisi Josep Guardiola di Bayern Munich 2016 mendatang.

“Manajer harus selalu bisa menjaga keseimbangan yang baik. Dalam artian, dia harus bisa meningkatkan kepercayaan pemain khususnya ketika seluruh hal tak berjalan dengan baik.”

Berdasarkan dari kasus Mou, Don Carletto menilai Mourinho gagal memberi tambahan motivasi dalam diri pemain untuk melalui periode-periode sulit. Bahkan sampai-sampai Tim London Biru makin dekat ke zona merah dengan kekalahan sebanyak 9 kali dalam 16 pertandingan.

“Sebelumnya, mereka punya harapan yang luar biasa usai melalui periode yang sulit. Tahun ini justru sebaliknya, Jose wajibs membayar mahal karena sedikitnya motivasi antar para pemain.”