Gundogan Bandingkan Guardiola Dengan Klopp

ilkay-gundoganPemain tengah baru milik Manchester City, Ilkay Guendogan, sempat merasakan bagaimana dilatih dua manajer kondang dunia, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola. Gelandang asal Jerman tersebut lantas membandingkan kualitas antara dua pelatih tersebut.

Gundogan merasakan tangan dingin Klopp dalam kurun waktu 2011 sampai 2015. Keduanya pun menyumbangkan trofi Bundesliga 2011-12, dan finalis Liga Champions, satu tahun berselang.

Ia lantas menyeberang ke City pada jendela transfer musim panas kemarin. Pemain berusia 25 tahun tersebut mulai diberi kepercayaan dan bisa tampil oke.

“Keduanya (Klopp dan Guardiola) merupakan pelatih top dunia, dengan kualitas masing-masing. Tidak adil apabila menyebutkan Jurgen lebih emosional. Tapi ketika anda melihatnya bekerja setiap hari, tidak sulit untuk memahami mengapa Dortmund meraih kesuksesan di bawah kendali dia,” kata Guendogan pada Express.

Gundogan menambahkan, Gundogan juga sosok yang selalu bersemangat tapi dengan cara yang berbeda. Eks etrenadore Barcelona itu lebih cerdas dalam membaca permainan dan setiap situasi yang ada.

“Dia selalu memperlihatkan kepada kami bagaimana cara membuat ruang dan menemukan solusi. Tidak ada pelatih yang seperti dirinya, sehingga membuat dia sebagai pelatih terbaik dunia,” ucapnya.

Guardiola bisa mengkomandoi The Citizens membuat start sempurna musim ini. Mereka menyapu bersih seluruh lima pertandingan Premier League dan kokoh di pucuk klasemen sementara.