De Boer Masuk Bursa Calon Pelatih Barca

frank de boerEks juru taktik Inter Milan Frank de Boer kabarnya menjadi salah satu calon terkuat pengganti Luis Enrique di Barcelona. Manajer asal Belanda itu sekarang ini masih menganggur setelah didepak manajemen La Beneamata.

Seperti dikutip Marca, De Boer yang pernah bermain untuk Barca jadi kandidat kuat karena punya prestasi gemilang sebagai juru taktik. Ketika melatih Ajax Amsterdam, dirinya berhasil memberikan titel juara Eredivisie dalam empat tahun beruntun.

Tapi sayang rangkaian prestasi gemilang itu luntur cuma karena dia memilih hengkang ke Inter. Dalam kurun waktu tiga bulan berkarier di Serie A, oa didepak oleh petinggi karena gagal memberikan kontribusi maksimal.

Pemecatan itu mendapat simpati dari berbagai pihak. Dikalim jika pelatih 46 tahun tersebut kurang mendapat kepercayaan lebih dari Inter, padahal tak gampang membangun sebuah tim yang tengah berada di situasi terpuruk seperti saat itu.

Sebelum sosok De Boer muncul, calon lain suksesor Enrique juga berkebangsaan Belanda, yakni Ronald Koeman. Manajer yang sekarang melatih Everton itu digadang-gadang jadi kandidat kuat berkata pengalamannya menangani berbagai tim.

Enrique pribadi tak bisa dibilang gagal ketika melatih raksasa Katalan sejak 2014 lalu. Sampai sekarang delapan titel sudah ia berikan kepada klub. Bahkan dirinya berhasil mengantarkan Azulgrana memenangi lima gelar juara dalam kurun waktu satu tahun pada 2015 lalu.

Kendati demikian manajemen klub tak segera memberi kontrak baru kepadanya. Padahal, masa kerja Enrique sebagai arsitek Lionel Messi dan kawan-kawan bakal tuntas pada Juni 2017 mendatang.