Chelsea 2-0 Aston Villa

Alan Hutton membelokkan tendangan Costa ke dalam gawangnya sendiri

Diego Costa mencetak gol dari umpan terobosan Willian

Diego Costa 34 ‘
Hutton 54 ‘(og)

Diego Costa yang baru saja kembali memainkan peran penting saat Chelsea meraih kemenangan yang sangat mereka butuhkan atas Aston Villa.

Sang striker mencetak gol setelah menerima umpan terobosan dari Willian di babak pertama setelah kesalahan yang dilakukan oleh bek Joleon Lescott memberikan bola bagi tim tuan rumah. Dan itu merupakan jeda yang sangat diterima oleh The Blues, yang menggandakan keunggulan mereka ketika pemain Villa, Alan Hutton membelokkan tendangan Costa ke dalam gawangnya sendiri.

Chelsea, yang saat ini berada di peringkat ke 16 di klasmen sementara, tidak berada dalam kondisi terbaik mereka – tapi Villa tidak memberikan banyak perlawanan. Kontribusi yang dilakukan oleh tim asuhan Sherwood itu hanya memberikan keuntungan bagi Chelsea karena mereka berulang kali melepaskan bola dan kesalahan mereka itu mendapat hukuman yang sesuai. Mereka tetap berada di peringkat ke 18 dan tanpa kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir mereka. Kemenangan kandang kedua Chelsea di musim ini membuat mereka naik ke peringkat ke 11 dalam klasmen sementara, lima poin di belakang tempat keempat.

Lima Kunci Sukses

Pada bulan Mei, BBC Sport menyatakan lima bidang utama untuk kesuksesan Chelsea meraih gelar juara di musim lalu: gol Costa, kreativitas lini tengah mereka, pertahanan mereka yang sekuat baja, mentalitas pemenang dan pengaruh dari manajer Jose Mourinho. Awal yang buruk The Blues di musim ini – yang sebelum pertandingan ini merupakan awal terburuk mereka sejak tahun 1978 – merupakan kegagalan dari empat faktor penting ini.

Costa tidak mencetak cukup gol, Cesc Fabregas dan Eden Hazard menciptakan sedikit peluang dan mereka sudah kebobolan dua gol atau lebih dalam tujuh dari delapan pertandingan mereka. Keunggulan mereka sudah hilang dan setidaknya dari luar, manajer mereka tampak lebih terfokus untuk mengkritik denda yang diterimanya dari Asosiasi Sepakbola Inggris baru-baru ini daripada mempertahankan gelar. Meskipun pertandingan hari Sabtu itu jauh dari bentuk permainan mereka yang garang di musim lalu, dalam pertandingan itu mereka menunjukkan peningkatan yang penting daripada laga kandang sebelumnya.

Costa mencetak gol sekembalinya dari larangan tampil dalam tiga pertandingan karena melakukan kekerasan, lini tengah – yang juga menampilkan pemain berusia 19 tahun Ruben Loftus-Cheek sampai ia diganti di babak kedua – menampilkan lebih banyak serangan, mencatat rekor tanpa kebobolan pertama mereka dalam lima pertandingan dan menampilkan permainan yang lebih profesional. Keinginan Chelsea itu dicontohkan dalam satu insiden, 20 menit sebelum pertandingan berakhir ketika sekelompok pemain bertahan The Blues menjaga Lescott untuk mencegah dia menyodok bola dari jarak dekat untuk memberikan Villa pijakan kembali ke dalam permainan.