Bawa Timnas Australia ke Piala Dunia, Ange Postecoglou Mengundurkan Diri

Ange Postecoglou yakni pelatih timnas Australia, secara tidak terduga mengundurkan diri dari posisinya. Keputusan tersebut dia putuskan satu minggu setelah berhasil menjadikan Socceroos masuk ke Piala Dunia 2018 mendatang.

Ange Postecoglou merilis berita ini pada sebuah sesi konferensi pers yang dilaksanakan di Australia. Dia bersama Presiden Asosiasi Sepakbola Australia, yakni Steven Lowy, dan CEO, David Gallop, memberitahukan jika dia tak lagi menjadi pelatih timnas Australia.

“Setelah berpikir lama dan akhirnya saya memutuskan hal ini. Sebagai pelatih Socceroos yang mengundurkan diri,” papar Postecoglou.

Pengumuman tersebut diputuskan oleh manajer berumur 52 tahun setelah satu minggu berhasil menjadikan Australia lolos menuju babak selanjutnya di Piala Dunia 2018. Melaksanakan babak playoff dengan zona CONCACAF, Australia sukses agregat atas Honduras dengan skor 3-1.

Dalam Timnas Australia, Postecoglou sejatinya mencapai hal yang besar. Pelatih dari Yunani tersebut membawa negara itu masuk ke babak selanjutnya Piala Dunia 2014 dan menjadi juara di Piala Asia 2015 yang lalu.

“Sebuah hal yang membanggakan untuk saya sebagai pelatih timnas negara sendiri. Membawa mereka menuju Piala Dunia 2014, sukses di Piala Asia 2015, dan saat ini masuk ke Piala Dunia 2018. Saya pernah mengatakan jika kami akan dapat beraksi dan melaju dengan baik ke babak selanjutnya di Piala Dunia, dan saat ini kami sudah membuktikannya.”

Lebih lanjut, Ange Postecoglou sudah melakukan perubahan dalam tim dan begitu juga untuknya secara personal atau profesional. “Saya memberikan semua yang saya ketahui dalam timnas ini. Karena itulah saya tak mudah memutuhkan hal ini dan akhirnya saya akan meninggalkan timnas ini sekarang,” tutupnya kemudian.