Barcelona Bertekad Melawan Tuduhan Penipuan Pajak Messi

Barcelona menyatakan perhatian dan solidaritas untuk Messi dan keluarganya

Messi dan ayahnya dituduh menipu pajak 4 juta Euro

Barcelona telah mendukung Lionel Messi dalam kasus penggelapan pajak dan akan melawan “keputusan eksternal” yang mereka klaim secara tidak adil telah mengincar klub tersebut.

Pada hari Kamis, sebuah pengadilan Spanyol memutuskan bahwa sang striker dan ayahnya harus diadili atas tuduhan penipuan pajak. Barcelona mengatakan sikap ini adalah “benar-benar bertolak belakang” dengan sikap dari jaksa penuntut umum, yang mengatakan tuduhan terhadap Messi, 28, harus dihentikan. Dua pemain Barca lainnya saat ini telah menjadi target pihak berwenang Spanyol.

“FC Barcelona mengutuk akumulasi keputusan eksternal yang benar-benar tidak dapat diterima dan yang telah berlangsung selama beberapa waktu dan yang tidak ada urusan dengan urusan olahraga,” kata Barcelona dalam sebuah pernyataan. “Mereka merusak kelancaran kegiatan klub, stabilitas dan juga para pemain yang membentuk bagian dari semua itu. “Klub harus bekerja dengan tekad lebih dari sebelumnya untuk membela hak-hak yang sah dan siap untuk menghadapi setiap tantangan baru yang mungkin timbul.”

Pada bulan September, pemain asal Argentina, Javier Mascherano didakwa dengan dua tuduhan menipu otoritas pajak Spanyol senilai lebih dari 1,5 juta euro (£ 1.1 juta), sementara pemain asal Brasil, Neymar secara resmi dituduh oleh hakim menghindari pajak sebesar 14.1 juta Euro (£ 10,4 juta). Klub itu sendiri tahun lalu didakwa dengan tuduhan penggelapan pajak untuk penandatanganan kontrak Neymar dari klub Brasil, Santos dan membayar 13.5 juta Euro (£ 11.2 juta) dalam apa yang disebut sebagai “pelengkap deklarasi pajak”.

Messi dan ayahnya Jorge dituduh menipu pemerintah Spanyol lebih dari 4 juta Euro (£ 3.1 juta) dan pengacara yang bertindak atas nama otoritas pajak menuntut 22 bulan hukuman penjara untuk kedua terdakwa. Mereka berdua menyangkal melakukan kesalahan. Pernyataan Barca menambahkan: “FC Barcelona telah menyatakan perhatian dan solidaritas untuk Leo Messi dan keluarganya dalam situasi yang aneh.

“Klub akan terus menawarkan dia dan keluarganya dukungan penuh dan bantuan dalam aspek hukum, fiskal dan administratif untuk proses ini.” Pengacara Messi berpendapat bahwa sang pemain “tidak pernah mencurahkan satu menit hidupnya untuk membaca, belajar atau menganalisis kontrak”, demikian surat kabar El Pais melaporkan.