Barcelona 5-2 Rayo Vallecano

Neymar pencetak gol terbanyak di La Liga

Neymar mencetak empat gol melawan Rayo Vallecano

Neymar 22 ‘(pen), 32’ (pen), 69 ‘, 70’
Suárez 77 ‘

Javi Guerra 15′
Sánchez Ruiz 86′

Neymar mencetak empat gol, dua diantaranya dari titik penalti, ketika Barcelona mengalahkan Rayo Vallecano untuk mencapai jumlah poin yang sama dengan pimpinan klasmen sementara La Liga, Real Madrid.

Barca mengejar ketertinggalan dari gol Javi Guerra di awal dalam pertandingan di mana mereka meraih kemenangan untuk kedua kalinya dalam empat pertandingan liga. Neymar menggantikan striker bintang yang cedera, Lionel Messi saat ia dua kali dilanggar dan mencetak dua gol dari titik penalti. Dia kemudian mencetak dua gol dalam waktu dua menit di babak kedua sebelum Luis Suarez melesakkan bola sebelum gol balasan dari Jozabed menjelang pertandingan berakhir.

Neymar, 23, kini memiliki koleksi delapan gol untuk musim ini dan membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak di La Liga. Pemain asal Brasil itu bahkan bisa menambahkan lebih banyak gol lagi, namun gagal memanfaatkan sejumlah peluang di babak pertama dan dua klaim penaltinya yang kuat ditolak oleh wasit. Itu semua terjadi setelah mantan striker Cardiff, Guerra membawa tim tamu unggul hanya dalam waktu 14 menit setelah mendapat umpan silang dari mantan pemain depan Manchester United, Bebe. Rayo sendiri menciptakan lebih banyak peluang dan menyelesaikan permainan dengan kepemilikan bola yang lebih banyak daripada tim tuan rumah – mengulangi prestasi yamg berhasil mereka lakukan sebagai tim terakhir yang dapat melakukan serupa di pertandingan liga melawan Barca dua tahun lalu. Barcelona banyak berhutang jasa kepada kiper Claudio Bravo yang membuat sejumlah penyelamatan penting di awal babak kedua ketika mereka hanya memimpin dengan skor tipis 2-1.

Tapi Rayo sudah kebobolan enam gol pada dua kunjungan terakhir mereka ke Nou Camp dan klub asal Madrid itu lagi-lagi kebobolan gol setelah Neymar menindaklanjuti sebuah tendangan dari Suarez untuk memasukkan bola ke atas jaring gawang dan melengkapi hat-nya dengan trick sisa waktu 20 menit. Ia dengan segera menambahkan gol keempat setelah mendapat operan dari Suarez sebelum kembali memberikan umpan untuk mantan striker Liverpool yang kemudian mencetak gol ketujuhnya di musim ini dalam sebuah pertandingan di mana kekuatan menyerang sang juara bertahan berhasil menutupi kekurangan lini pertahanan mereka.