Banyak Korban Jiwa Akibat Serangan Paris

setidaknya 128 orang tewas dalam serangan Paris

80 orang tewas di ruang konser Bataclan

Perancis telah mengumumkan keadaan darurat nasional dan memperketat perbatasan setelah setidaknya 128 orang tewas dalam serangan bersenjata dan bom di Paris pada Jumat malam.

Delapan puluh orang dilaporkan tewas setelah orang-orang bersenjata menyerbu masuk ke ruang konser Bataclan dan mengambil sandera sebelum pasukan keamanan menyerbu ruang konser. Sejumlah pengunjung ditembak mati di restoran dan bar di lima tempat lainnya di Paris. Setidaknya 180 orang terluka. Ini adalah serangan paling mematikan di Eropa sejak pemboman Madrid di tahun 2004.

Presiden Perancis, Francois Hollande, tampak terguncang, serangan itu terjadi hampir bersamaan dengan malam yang disebut sebagai Jumat malam “horor” dan bersumpah akan melakukan perang “tanpa ampun” melawan terorisme. Paris mengalami serangan tiga hari pada awal Januari, ketika orang-orang Islam bersenjata membunuh 18 orang setelah menyerang majalah satir Charlie Hebdo, sebuah supermarket Yahudi dan seorang polisi patroli.

Serangan terhadap Bataclan hall berkapasitas 1.500 kursi jauh adalah serangan yang paling mematikan dari rangkaian serangan Jumat malam. Sejumlah pria bersenjata menembaki penonton konser yang menonton grup rock dari Amerika, Eagles of Death Metal. Tiket untuk acara itu telah terjual habis.¬†“Awalnya kami pikir itu bagian dari pertunjukan, tetapi kami dengan cepat mengerti,” Pierre Janaszak, presenter radio, kepada Agence France Presse.

“Mereka tidak berhenti menembak. Ada darah di mana-mana, mayat di mana-mana. Kami mendengar teriakan. Semua orang mencoba melarikan diri.” Dia mengatakan orang-orang bersenjata mengambil 20 sandera, dan ia mendengar salah satu dari mereka memberitahu tawanan mereka: “Ini kesalahan dari Hollande, itu kesalahan dari presiden Anda, dia seharusnya tidak campur tangan di Suriah”.

Dalam waktu satu jam, pasukan keamanan telah menyerbu gedung konser dan keempat penyerang tewas ditempat. Tiga orang melakukan bunuh diri dan orang keempat ditembak mati oleh polisi.