Andik Sarankan Format Piala AFF Diganti

andik vermansyahPiala AFF 2018 kabarnya akan memakai format anyar. Paling tidak itulah hasil pertemuan seluruh negara anggota Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) pada Maret 2016 lalu.

Tujuan dari pertemuan itu adalah meningkatkan efektivitas format kompetisi Piala AFF guna menyedot animo penonton. Dan untuk di Piala AFF 2018, AFF pun bersedia merubah format.

Hal tersebut rupanya juga diperhatikan oleh bintang timnas Indonesia, Andik Vermansyah. Ia menyarankan supaya Piala AFF mengikuti format Liga Champions yang menampilan partai final di satu tempat saja.

“Home away boleh saja. Akan tetapi bila boleh, saya menyarankan agar final di kompetisi Piala AFF di satu tempat saja, seperti Liga Champions,” ujar Andik.

“Bagi saya final di home dan away tidak seru,” kata Andik usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Menurut berita yang berkembang, ada lima poin mengenai perubahan format baru yang nantinya diterapkan di Piala AFF 2016 mendatang, yaitu:

1. Jumlah peserta di Piala AFF 2018 ditambah dari delapan negara menjadi 10 negara.

2. 9 tim terbaik bakal melaju ke penyisihan grup, dan tim di peringkat ke 10 dan 11 menjalani pertandingan dengan format 2 leg (kandang-tandang) guna memperebutkan satu slot tersisa.

3. Sebanyak 10 tim yang telah lolos fase penyisihan dibagi menajdi 2 grup yang masing-masing grup di isi oleh lima negara. Dan masing-masing tim bakal tampil sebanyak empat kali di pertandingan home away.

4. Partai home away masing-masing negara ditentukan oleh undian yang dilakukan oleh AFF.

5. Dalam fase semifinal dan final memakai format kandang dan tandang.